Interaksi Sosial

SOSIAL

     Manusia adalah makhluk sosial”. Dalam hidup, kita sering mendengar kata sosial, contohnya seperti Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Sosial Dasar, Situs Jejaring Sosial, dan masih banyak lagi. Definisi Sosial dapat berarti suatu masyarakat, suatu komunitas, suatu kelompok orang/warga.


     Sosial adalah keadaan dimana terdapat kehadiran orang lain. Kehadiran itu bisa nyata anda lihat dan anda rasakan, namun juga bisa dalam bentuk imajinasi. Setiap anda bertemu orang meskipun hanya melihat atau mendengarnya saja, itu termasuk situasi sosial. 

     Begitu juga ketika anda sedang menelpon, atau chatting (ngobrol) melalui internet. bahkan setiap kali anda membayangkan adanya orang lain, misalkan melamunkan pacar, mengingat ibu bapa, menulis surat pada teman, membayangkan bermain sepakbola bersama, mengenang tingkah laku buruk di depan orang, semuanya itu termasuk sosial. Sekarang, coba anda ingat-ingat situasi dimana anda betul-betul sendirian. Pada saat itu anda tidak sedang dalam pengaruh siapapun. Bisa dipastikan anda akan mengalami kesulitan menemukan situasinya.
    
     Interaksi sosial adalah keadaan dimana seseorang melakukan hubungan saling berbalas respon dengan orang lain. Aktivitas interaksinya beragam, mulai dari saling melempar senyum, saling melambaikan tangan dan berjabat tangan, mengobrol, sampai bersaing dalam olahraga. Termasuk dalam interaksi sosial adalah chatting di internet dan bertelpon atau saling sms karena ada balas respon antara minimal dua orang didalamnya.

     Contoh dari Interaksi Sosial :

      Di gambar ini terlihat sekelompok orang yang sedang melakukan kerja bakti untuk membersihkan lahan desa mereka. Ini adalah contoh interaksi antara individu dengan kelompok yang saling menguntungkan. individunya ialah warga yang turut serta membantu dan kelompoknya merupakan panitia yang bertanggung jawab terjadinya kerja sama itu.
     Ini merupakan salah satu interaksi sosial yang bersifat asosiatif yaitu kerja sama demi mewujudkan desa menjadi bersih.

Tulisan ini diajukan untuk memenuhi tugas I mata kuliah Ilmu Sosial Dasar 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Google Sketchup 2016 Full + Vray

4 TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA