BAB IV KESIMPULAN DAN PENUTUP

Hong Kong, Shenzhen, dan Brunei Darussalam adalah tujuan dari Kuliah Kerja Arsitektur karena merupakan negara-negara maju yang memiliki ruang terbuka publik sesuai dengan tema yang diusung. Ketiganya juga memiliki perbedaan dari segi penataan dan perencanaan kotanya, karakter dari masing-masing negaranya, iklim, tempat pariwisata dan sebagainya.

Berdasarkan karakternya, lokasi tersebut dibagi menjadi 3 ruang lingkup pengamatan yang meliputi Built Environment & Building Design, Waterfront and Promenade dan  Tourism Complex & Landscape. Salah satu Tourism Complex & Landscape di Hongkong adalah Victoria PEak. Ruang lingkup tersebut mencakup penataan kawasan tata ruang luar seperti bangunan penunjang, street furniture, signage, material keras dan lunak, skyline, budaya atau seni, sirkulasi dan fasilitas-fasilitas kawasan tersebut. Yang unik dari Victorie Peak ini adalah karena lokasinya yang merupakan lokasi gunung tertinggi di Hongkong dan juga fasad dari The Peak Tower Yang melengkung seperti Mangkok.

Mata kuliah Kuliah Kerja Arsitektur di Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Gunadarma mengusung tema “Urban Public Places in City Development” yang dilaksanakan pada tanggal 11-15 Mei 2014 sangat bermanfaat dalam memperkaya pengetahuan dan mengamati secara langsung ruang terbuka publik di ketiga negara tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Google Sketchup 2016 Full + Vray

Interaksi Sosial

4 TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA