USULAN PELESTARIAN SETU BABAKAN



USULAN PELESTARIAN SETU

        A.   Kesimpulan

Kawasan Setu Babakan ini merupakan salah satu lokasi yang harus dilestarikan, agar generasi selanjutnya dapat memahami dan mengetahui keberadaan dari bangunan ini. Untuk sekarang ini, dalam upaya pelestariannya sudah cukup baik. Kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata yang dapat menambah wawasan pengunjung akan tradisional betawi.

B. Pelestarian Sebagai Kawasan Cagar Budaya
Sejak dari awal masa penetapan sebagai cagar budaya Betawi, kawasan Setu Babakan telah banyak kehilangan esensinya seiring dengan perkembangan jaman. Modernisasi dalam berbagai bidang turut mendorong pudarnya semangat akan kebudayaan pada berbagai aspek. Salah satu yang paling memprihatinkan adalahnya mulai menghilangnya arsitektur Betawi yang merupakan ciri utama dari kebudayaan Betawi, maka dari itu bebrapa usulan pelestarian bagi kawasan Setu Babakan dalam kapasitasnya sebagai cagar budaya adalah sebagai berikut:

1.       Pendirian suatu bangunan indoor ataupun bisa outdoor kebudayaan Betawi secara lebih menyeluruh. Menurut Masyarakat Perduli Perkampungan Budaya Betawi (MP-PBB) Setu Babakan, saat ini sedang terjadi kekurangan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam mengakomodasi kegiatan kebudayaan Betawi pada kawasan Setu Babakan, maka dari itu adanya suatu bangunan pusat kebudayaan sebagai suatu wadah dari kegiatan kebudayaan Betawi amatlah dibutuhkan.




2.       Penyeragaman langgam-langgam arsitektur khas Betawi terutama terhadap rumah-rumah modern
Hal ini berdasarkan pada fakta bahwa lebih dari 80% bangunan permukiman yang ada tidak menerapkan arsitektur Betawi secara keseluruhan, beberapa hanya menerapkan secara parsial dan bahkan ada yang tidak menerapkan sama sekali. Penerapan ini khususnya dilakukan terhadap rumah-rumah modern yang sudah minim menerapkan arsitektur khas Betawi sehingga dapat memperkuat cita kawasan Setu Babakan sebagai suatu cagar budaya.



Pelestarian Setu Babakan sebagai kawasan ekologis dan sebagai kawasan cagar budaya haruslah menjadi suatu hubungan timbal balik yang memperhatikan dan menguntungkan satu sama lainnya sehingga dapat menunjang keberlangsungan Setu Babakan sebagai suatu kawasan terpadu yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara umumnya serta suku Betawi pada khususnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Google Sketchup 2016 Full + Vray

Interaksi Sosial

4 TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA